LG

Quote Hari Ini Hendaklah kamu semua mengusahakan ilmu pengetahuan itu sebelum dilenyapkan. Lenyapnya ilmu pengetahuan ialah dengan matinya orang-orang yang memberikan atau mengajarkannya. Seorang itu tidaklah dilahirkan langsung pandai, jadi ilmu pengetahuan itu pastilah harus dengan belajar”Ibnu Mas’ud r.a
.

Prosfek Penyediaan Pangan Dalam Konteks Tataguna Lahan Di Indonesia

Negara Indonesia dengan wilayah yang sangat luas diketahui memiliki ketersediaan bahan pangan yang beragam, dari satu wilayah  ke wilayah lainnya, baik bahan pangan sumber karbohidrat,  protein, lemak, vitamin maupun mineral.  Iklim tropis di Indonesia menjadikan wilayah Indonesia sangat kaya akan sumber bahan pangan pokok selain beras. Misalnya, potensi umbi-umbian dan serealia yang beragam sebagai sumber karbohidrat dapat tumbuh dengan subur dan beragam jenisnya seperti; ubi jalar, ubi kayu, gembili, garut, ganyong dan lain-lain. Apabila ditinjau dari segi nutrisi, tanaman umbi-umbian mempunyai nilai nutrisi yang rendah dibandingkan dengan beras maupun kacang-kacangan, terutama kandungan protein dan lemak, namun cukup tinggi pada kandungan karbohidratnya. Oleh karena itu upaya pemenuhan kebutuhan pangan bagi penduduk Indonesia yang hidup dalam lingkungan yang majemuk dan memiliki anekaragam kebudayaan dan potensi sumber pangan spesifik, strategi pengembangan pangan perlu diarahkan pada potensi sumberdaya pangan wilayah.
Lahan Pertanian


Hal ini lah yang melatar belakangi saya membahas tentang hubungan tanah dan penyediaan pangan yang terjadi di beberapa Negara maupun yang ada di dunia , namun pada makalah ini saya lebih menspesifikkan pembahasan pada hubungan tanah dan prospek penyediaan pangan , terutamanya dalam konteks tataguna lahan di Indonesia.
Lihat selengkapnya di sini” selamat Membaca....


Semoga Bermanfaat....Lentera Geosfer

0 Response to "Prosfek Penyediaan Pangan Dalam Konteks Tataguna Lahan Di Indonesia"

Posting Komentar

LOKASI ADMIN MENGAJAR SMA NEGERI 1 SUNGAI LAUR KAB.KETAPANG

Social Media

Facebook  Twitter  Google+ Instagram Linkedin Path Yahoo