LG

Quote Hari Ini Hendaklah kamu semua mengusahakan ilmu pengetahuan itu sebelum dilenyapkan. Lenyapnya ilmu pengetahuan ialah dengan matinya orang-orang yang memberikan atau mengajarkannya. Seorang itu tidaklah dilahirkan langsung pandai, jadi ilmu pengetahuan itu pastilah harus dengan belajar”Ibnu Mas’ud r.a
.

Struktur Geologi Pulau Jawa

Secara garis besar perkembangan tektonik pulau jawa tidak berbeda banyak dengan perkembangan pulau sumatra. Hal ini disebabkan di samping keduanya masih merupakan bagian dari batas tepi lempeng mikro sunda, juga karena masih berada dalam sistem yang sama, yaitu interaksi konvergen antara lempeng india- australia dan lempeng eurasia dengan lempeng mikro sunda. Perbedaan utama dalam pola interaksi ini terletak pada arah medekatnya lempeng india- australia ke lempeng sunda. 

Pola struktur Pulau Jawa

(Bemmelen,1943 vide Bemmelen, 1970, dengan modifikasi)
Pulau jawa terletak dikoordinat 7o30’10’’ LS 111o15’47’’ BT dan termasuk dalam Kepulauan Sunda Besar dengan luas 126.700 km2 (48.919,1 mil2 ) dengan titik tertinggi 3.676 meter (12.060 kaki) yaitu di Puncak Sumeru. Pulau jawa melintang dari Barat ke Timur dan berada di belahan bumi selatan.

Semoga Bermanfaat..

 
 

0 Response to "Struktur Geologi Pulau Jawa"

Posting Komentar

LOKASI ADMIN MENGAJAR SMA NEGERI 1 SUNGAI LAUR KAB.KETAPANG

Social Media

Facebook  Twitter  Google+ Instagram Linkedin Path Yahoo