LG

Quote Hari Ini Hendaklah kamu semua mengusahakan ilmu pengetahuan itu sebelum dilenyapkan. Lenyapnya ilmu pengetahuan ialah dengan matinya orang-orang yang memberikan atau mengajarkannya. Seorang itu tidaklah dilahirkan langsung pandai, jadi ilmu pengetahuan itu pastilah harus dengan belajar”Ibnu Mas’ud r.a
.

Pegunungan Di Pulau Kalimantan ( Borneo island )



Pegunungan Meratus
Keindahan Alam Pegunungan Meratus
Pegunungan Meratus merupakan kawasan pegunungan yang membelah Provinsi Kalimantan Selatan menjadi dua, membentang sepanjang ± 600 km² dari arah tenggara dan membelok ke arah utara hingga perbatasan Kalimantan Timur. Di sepanjang pegunungan ini terdapat banyak perkebunan karet.  Secara geografis kawasan Pegunungan Meratus terletak di antara 115°38’00" hingga 115°52’00" Bujur Timur dan 2°28’00" hingga 20°54’00" Lintang Selatan. Pegunungan ini menjadi bagian dari 8 kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan yaitu: Hulu Sungai Tengah (HST), Balangan, Hulu Sungai Selatan (HSS), Tabalong, Kotabaru, Tanah Laut, Banjar dan Tapin. Pegunungan Meratus merupakan kawasan berhutan yang bisa dikelompokkan sebagai hutan pegunungan rendah. Kawasan ini memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dengan beberapa vegetasi dominan seperti Meranti Putih (Shorea spp), Meranti Merah (Shorea spp), Agathis (Agathis spp), Kanari (Canarium dan Diculatum BI), Nyatoh (Palaquium spp), Medang (Litsea sp), Durian (Durio sp), Gerunggang (Crotoxylon arborescen BI), Kempas (Koompassia sp),Belatung(Quercussp).
 
Pegunungan Schwaner
Bukit Raya, di Pegunungan Schwanaer
Pegunungan Schwaner adalah sebuah deretan pegunungan yang melintasi wilayah perbatasan antara provinsi Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah di Pulau Kalimantan, Indonesia. Pegunungan ini dinamakan Schwaner karena berasal dari nama belakang seorang ahli kealaman asal Jerman yang menjelajah Kalimantan dari Banjarmasin ke Pontianak, yakni Carl Schwaner. Titik tertinggi pegunungan ini berada di sebuah gunung bernama Bukit Raya dengan ketinggian 2.278 meter (7.474kaki).

Pegunungan Muller
Pesona Goa di Pegunungan Muller
Pengunungan Muller merupakan jajaran pegunungan yang berada di batas provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur. Nama Muller diambil dari nama seorang komandan perang Belanda yang tewas di jeram Bakang - Sungai Bungan. Pegunungan ini sendiri mempunyai bentangan seluas 860.000 ha. Pegunungan Muller termasuk kawasan hutan hujan tropis yang memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi. Kawasan Pegunungan Muller penting untuk kelestarian tiga sungai besar Kalimantan, Sungai Barito, Sungai Kapuas, dan Sungai Mahakam.

Pegunungan Niut: Gunung Niut, Gunung Serang, Gunung Penrissen. Pegunungan Niut terdiri dari beberapa puncak yang tingginya rata-rata 1500 mdpl. Pegunungan ini termasuk dalam Cagar Alam Niut Penrissen yang bagian utaranya berbatasan dengan Malaysia. Pegunungan ini memiliki kekayaan biodiversitas yang melimpah, terutama anggrek. Rute Transportasi: Pontianak -Bengkayang, menggunakan bus selama 5-6 jam, Bengkayang- Desa Dawar, menggunakan bus 2-3 jam. Dari desa dawar kita bisa meminta guide dari warga masyarakat di desa ini. Lebih mudahnya pendaki dapat mendatangi rumah Bapak Atta (Anggota Kehormatan Mapala Untan) yang merupakan camp pendaki yang biasanya digunakan pendaki untuk bermalam dan mempersiapkan pendakian. Dari desa ini kita tinggal menyampaikan akan mendaki gunung yang mana.


Kapuas Hulu
Pegunungan Kapuas Hulu Wilayah pegunungan kapuas hulu membentang dari wilayah indonesia hingga malaysia. Pegunungan kapuas hulu berada di wilayah administratif kabupaten kapuas hulu, kalimantan barat. Daerah pegunungan kapuas hulu memiliki struktur bebatuan berupa batuan genesi,sekis,fisit,kuarsit dan andesit. Batuan-batuan tersebut berda pada sebagian blok-blok patahan yang membentang seluas 1 km persegi. Bahkan sampai- sampai pada potongan tersusun seperti genting yang memiliki ukuran hanya beberapa meter persegi.di pegunungan kapuas hulu terdapat hutan yang menjadi konservasi. Hutan di pegunungan kapuas hulu menjadi daerah resapan air ketika musim hujan datang. Di pegunungan kapuas hulu juga mengalir sungai embaloh yang berhulu di pegunungan kapuas hulu bagian utara. Berbagai jenis flora dan fauna menambah keindahan alam pegunungan kapuas hulu.

9 Responses to "Pegunungan Di Pulau Kalimantan ( Borneo island )"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Saya tertarik dengan pengunungan muler karena menjadi sumber air untuk sungai daerah saya yaitu barito river. Blog Borneo

    BalasHapus
  4. Saya tertarik dengan pengunungan muler karena menjadi sumber air untuk sungai daerah saya yaitu barito river. Blog Borneo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat artikelnya, salam kenal.

      Hapus
  5. Maaf min, saya ingin tau sumber foto nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini saya posting ketika saat kuliah mas, ketika saat ingin tahu kondisi pegunungan di kalimantan, untuk sumber foto dan artikel adalah gabungan artikel-artikel yang ada di internet yang sebenarnya terpisah pisah.

      Hapus

LOKASI ADMIN MENGAJAR SMA NEGERI 1 SUNGAI LAUR KAB.KETAPANG

Social Media

Facebook  Twitter  Google+ Instagram Linkedin Path Yahoo