LG

Quote Hari Ini Hendaklah kamu semua mengusahakan ilmu pengetahuan itu sebelum dilenyapkan. Lenyapnya ilmu pengetahuan ialah dengan matinya orang-orang yang memberikan atau mengajarkannya. Seorang itu tidaklah dilahirkan langsung pandai, jadi ilmu pengetahuan itu pastilah harus dengan belajar”Ibnu Mas’ud r.a
.

Supermoon & gerhana matahari total terjadi bersamaan di 20 Maret

Merdeka.com - Di 20 maret mendatang, Bumi bakal disuguhkan dua peristiwa astronomi yaitu supermoon dan juga gerhana matahari total dalam satu hari.
Menariknya, kedua fenomena ini yang bakal saling terhubung ini bakal jatuh di momen equinox matahari yang mana matahari bakal berada tepat di titik ekuator sehingga waktu siang dan malam akan tepat sama 12 jam.
Dilansir Earthsky (3/3), supermoon yang mana bulan akan berada berada lebih dekat dengan bumi ini akan tepat melewati titik edar matahari hingga bakal memunculkan peristiwa gerhana matahari total.
Gerhana matahari total yang bertepatan dengan titik equinox matahari ini juga disebut sebagai salah satu peristiwa astronomi langka. Setelah 20 Maret mendatang, gerhana matahari equinox ini baru akan terjadi kembali pada 20 Maret 2034 mendatang. Selain itu, dalam satu abad ini peristiwa serupa akan terjadi di 2053 dan 2072 mendatang.
Berdasarkan lansiran tersebut, gerhana matahari total ini nantinya akan teramati di wilayah Atlantik Utara hingga laut Artik. Sayangnya, peristiwa langka ini hanya bisa diamati dari ujung selatan Greenland hingga Islandia serta Inggris. Sedangkan masyarakat di Indonesia tak akan bisa menyaksikan peristiwa gerhana matahari langka ini secara langsung.

0 Response to " Supermoon & gerhana matahari total terjadi bersamaan di 20 Maret"

Posting Komentar

LOKASI ADMIN MENGAJAR SMA NEGERI 1 SUNGAI LAUR KAB.KETAPANG

Social Media

Facebook  Twitter  Google+ Instagram Linkedin Path Yahoo