LG

Quote Hari Ini Hendaklah kamu semua mengusahakan ilmu pengetahuan itu sebelum dilenyapkan. Lenyapnya ilmu pengetahuan ialah dengan matinya orang-orang yang memberikan atau mengajarkannya. Seorang itu tidaklah dilahirkan langsung pandai, jadi ilmu pengetahuan itu pastilah harus dengan belajar”Ibnu Mas’ud r.a
.

Laporan Praktikum Geologi, Geomorfologi dan Hidrologi Prodi Pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak di Pantai Kura-Kura Singkawang Angkatan 2011



 
Pantai Kura-Kura Singkawang

Posisi Geografis Dan Astronomis
Pantai kura-kura yaitu sebuah pantai yang terletak di kabupaten bengkayang, yang berbatasan langsung dengan kota singkawang di bagian utara. Pantai Kura- Kura dalam kurun waktu satu tahun mulai dikenal. Untuk mencapai lokasi wisata itu, dari Pontianak harus menempuh jalan sekitar 110 km selama 3 jam untuk sampai ke Tanjung Gundul. Bila dari Singkawang perjalanan ke Tanjung Gundul bisa mencapai 20 menit karena jaraknya sekitar 15 km. Setelah sampai ke areal Tanjung Gundul, kita harus meneruskan perjalan sekitar 3 km untuk dapat mencapai pantai Kura Kura yang berada di balik bukit kecil di bibir pantai.
Secara astonomis pantai kura – kura terletak pada LU 000 49’ 02,5’’-BT 1080 50’ 35”. Yang langsung berhadapan dengan laut cina selatan yang memiliki karakteristik yang sama yakni merupakan bagian dataran dari lempeng tektonik benua eurasia namun terpisahkan oleh genangan air yang disebabkan oleh mencairnya es pada jaman pleistosen. Sehingga yang dahulunya daratan tersebut menyatu, kini terpisahkan oleh air.
Batas wilayah
Wilayah Pantai Kura – Kura berada di Desa Tanjung Gundul Kecamatan Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang, pantai kura – kura di sebelah utara berbtasan langsung dengan Kota Singkawang, kemudian sebelah barat berbatasan langsung dengan laut cina selatan,sebelah selatan berbatasan dengan kecamatan sungai raya kabupaten bengkayang serta disebelah timur berbatasan dengan kecamatan karimunting kabupaten bengkayang.
Nilai ekonomis wilayah
Pemandangan lokasi wisata ini cukup indah, dimana pantai ini masih cukup asri, ditambah dengan adanya pepohonan cemara yang ditanam oleh pengelola di sepanjang tepian pantai semakin menambah keindahan pantai ini. Dan sebuah bukit yang ada di pantai ini, dari bukit ini kita dapat melihat pemandangan yang lebih indah dimana pantai akan terlihat sangat berbeda di dekat bebatuannya. jika cuaca sedang bagus, kita bisa melihat sebuah pulau yang terdapat di seberang pantai dan pada sore harinya kita dapat melihat sunset. Mempertahankan kondisi alam yang asli bisa menjadi konsep pengembangan objek wisata di Kalbar. Pantai Kura Kura dikelola memperhatikan konsep tersebut. Lingkungan pantai dipertahankan keasriannya sehingga turis asing pun tertarik menikmati keindahan alam.
Sekitar sepuluh meter dari tempat itu, terlihat jelas hamparan pasir berwarna kuning emas yang bersih. Bibir pantai yang landai dan masih asri itu, yang dikelola sekitar 700 meter. Air laut nan biru semakin menambah suasana pantai indah. Melalui pantai itulah kerap kali Kura Kura (Binatang langka yang dilindungi,red) naik ke darat untuk bertelur. Ketika hari mulai senja di ufuk Barat tampak matahari tenggelam, maka pemandangan alam yang indah dapat disaksikan. Keindahan alam karunia Illahi, tak akan dapat dijumpai seperti negara yang memiliki empat musim.
Meski baru setahun dikelola, namun keindahan alam di Pantai Kura Kura sudah terkenal hingga ke mancanegara. Pantai pasir emas dipadu dengan birunya air laut dan lingkungan yang masih asli menjadi daya tarik bagi turis. Begitu indahnya panorama yang di tawarkan pantai kura- kura menjadi daya jual tersendiri sebagi objek wisata.
Baca selengkapnya semoga bermanfaat..............

0 Response to "Laporan Praktikum Geologi, Geomorfologi dan Hidrologi Prodi Pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak di Pantai Kura-Kura Singkawang Angkatan 2011"

Posting Komentar

LOKASI ADMIN MENGAJAR SMA NEGERI 1 SUNGAI LAUR KAB.KETAPANG

Social Media

Facebook  Twitter  Google+ Instagram Linkedin Path Yahoo